Arsip pada February, 2010

lumba-lumba diabetes
California, Peneliti mencoba mempelajari bagaimana lumba-lumba mengatasi penyakit diabetesnya.

Dengan belajar dari mamalia ramah satu ini, obat diabetes baru pun bisa dikembangkan.

Peneliti menemukan bahwa lumba-lumba punya tipe penyakit diabetes yang sama dengan manusia dewasa. Tapi uniknya, lumba-lumba punya caranya sendiri untuk menonaktifkan atau mengaktifkan penyakitnya sendiri.
Lanjutkan Membaca “Belajar Mengatasi Diabetes dari Lumba-lumba” »

  • Share/Bookmark

Bawang bombai (Allium cepa L) memiliki kandungan kromium yang baik. Kromium berperan mencegah diabetes melitus. Seperti bawang putih, bawang bombai juga berperan penting bagi kesehatan.

Namun, berbeda dengan bawang putih, komponen sulfur pada bawang bombai terdapat dalam bentuk allyl propyl disulphide. Komponen ini berperan penting dalam menurunkan glukosa darah sehingga baik bagi penderita diabetes.
Lanjutkan Membaca “Bawang Bombai Cegah Diabetes” »

  • Share/Bookmark

sweetner_aspartamBahayakah mengonsumsi aspartam? Ternyata masih banyak saja orang-orang yang menanyakan hal itu. Apalagi baru-baru ini beredar pesan singkat beruntun yang mengancam keamanan beberapa produk minuman berbahan baku pemanis buatan tersebut. Benarkah aspartam berbahaya?

Jika Anda cermat melihat komposisi beberapa produk minuman, Anda akan menemukan kata aspartam di bagian kemasannya. Aspartam memang banyak digunakan dalam produk minuman sebagai pengganti gula sukrosa.
Lanjutkan Membaca “Tak Perlu Khawatir, Pemanis Buatan Aspartam Aman” »

  • Share/Bookmark

Kadar gula darah yang tidak terkontrol pada pengidap diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu kondisi buruk dan mahal ialah gagal ginjal yang menyebabkan pengidap terpaksa cuci darah.

”Pasien cuci darah terbanyak biasanya pengidap diabetes dan kemudian diikuti darah tinggi,” ujar Dante Saksono Harbuwono, spesialis penyakit dalam dari Divisi Metabolik dan Endokrin Universitas Indonesia, dalam acara ajang wicara tentang diabetes pada Women Health Expo, Jumat (5/2/2010).
Lanjutkan Membaca “Diabetes Dapat Berujung pada Cuci Darah” »

  • Share/Bookmark

Konsumsi minuman soda yang berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan orang yang minum soda 2 kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko terkena kanker pankreas.

Peneliti mengungkapkan penyebab meningkatnya risiko kanker pankreas pada orang yang sering konsumsi minuman soda adalah karena kandungan gulanya yang tinggi. Analsis data yang dikumpulkan dari 60.524 orang dewasa memperlihatkan orang yang minum dua atau lebih minuman bersoda dengan kadar gula tinggi dalam seminggu, berisiko lebih besar terkena kanker pankreas dibandingkan orang yang jarang konsumsi minuman soda.
Lanjutkan Membaca “Konsumsi Minuman Soda Berlebih Picu Kanker Pankreas” »

  • Share/Bookmark